Mengapa Anak Dapat Kerjakan Bullying? Ini Panduan untuk Mencegahnya

Masalah bully yang ramai akhir-akhir ini dari mulai pengeroyokan siswi SMP di Pontianak sampai menimbulkan tagar #JusticeForAudrey, sampai video viral anak SD yang berkelahi sampai terima tamparan membuat tanda pertanyaan besar kenapa seseorang anak yang polos dapat jadi seseorang perundung.



Waktu lalu, dr Andri SpKJ dari Klinik Psikosomatik RS OMNI Alam Sutera, menjelaskan bullying memang dapat menerpa siapapun, namun tidak kebanyakan orang mempunyai karakter bully serta jadi aktor bully.

"Seseorang aktor bully dapat terlihat sifatnya, yaitu egois, ingin menang sendiri, serta seringkali meledek orang yang mempunyai kekurangan," papar dr Andri.

Faktanya juga bermacam, contohnya sebab ketidaksukaan pada korban yang dipandang berlainan sebab mempunyai keadaan mental atau fisik yang berlainan dengan dianya.

"Mungkin saja korban lebih cantik, atau lebih ganteng. Atau sebab korban dipandang lebih bodoh atau bahkan juga lebih pandai," imbuhnya .

Simak juga: Bully Itu Ada serta Membuat Trauma! Ini Pernyataan Mereka yang Merasakannya

Awalnya, Psikolog Anak serta Remaja, Ratih Zulhaqqi dalam 'Bincang Sehat' detikHealth menjelaskan jika penanam nilai positif ialah hal yang perlu dikerjakan jadi rutinitas dalam keluarga.

"Jadi keluarga harus memberikan nilai-nilai yang memang tidak mengarahkan anak tidak jadi persyaratan pembully. Contohnya anak harus di ajarkan bagaiamana langkah menghormati orang serta memandang orang dengan positif,"

Dengan memberikan rasa menyukai serta menghormati orang, tindak bully dapat diminimalkan. Dengan minimnya penanaman nilai itu, bukan mustahil anak jadi mengejek teman-temannya lainnya.

Efek bully juga dapat menyebabkan fatal loh, contohnya saja trauma yang membuat si anak tidak dapat lupakan insiden itu.
Mengapa Anak Dapat Kerjakan Bullying? Ini Panduan untuk Mencegahnya Mengapa Anak Dapat Kerjakan Bullying? Ini Panduan untuk Mencegahnya Reviewed by Admin on 08.20 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.