Pentingnya Mencuci Tangan dengan Sabun


Mencuci tangan sering dianggap sepele bagi sebagian orang, namun harus kamu tahu dengan mencuci tangan kamu bisa mencegah penularan penyakit yang ada disekitarmu, jadi sangat penting untuk cuci tangan dengan sabun dan dengan air yang mengalir. Tangan yang terlihat bersih saja belum tentu tidak ada kumannya karena kuman tidak terlihat oleh mata telanjang, apalagi tangan yang kotor, bayangkan ada berapa banyak kuman yang ada di tangan kotor itu.



Tangan yang kotor sudah pasti ada banyak kuman yang menyebabkan penyakit, terutama untuk penyakit yang mudah menular. Banyak sekali penularan penyakit yang ternyata dari tangan, oleh karena itu sekarang di rumah sakit untuk masuk ruang ICU harus memakai baju khusus dan cuci tangan dengan sabun hingga bersih terlebih dahulu.

Mencuci Tangan dengan Sabun

Oleh karena itu berikut adalah pentingnya mencuci tangan dengan sabun :

  1. Bisa mengurangi penyakit berbahaya
Dengan mencuci tangan kamu akan mencegah dan mengurangi penyakit yang berbahaya, apalagi sebelum makan sangat penting untuk cuci tangan terlebih dahulu. Karena jika tangan kotor lalu digunakan untuk memegang makanan yang akan dimakan maka kuman yang ada di tangan akan berpindah ke makanan serta masuk ke mulut. Bukankah ini sangat berbahaya? kamu bisa sakit karena memakan makanan yang banyak kumannya.

Nah bukan jadi sehat malah membuatnya menjadi penyakit karena memakan makanan yang tidak higienis. Tangan merupakan pembawa kuman terbanyak yang menyebabkan penyakit seperti diare. Oleh karena itu kebiasaan untuk cuci tangan dengan sabun harus ditanamkan pada anak-anak sedini mungkin agar mencegah terjangkitnya penyakit yang berbahaya.

  1. Menekan angka kematian
Jika mencuci tangan sudah menjadi kebiasaan sejak kecil maka secara efektif akan memutus rantai penyebaran penyakit yang disebabkan oleh kuman di tangan. Jika tangan kamu selalu bersih maka akan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri sehingga akan mencegah penularan juga dan pastinya akan menekan angka kematian secara signifikan terutama pada anak-anak yang kekebalan tubuhnya masih lemah dan mudah tertular penyakit.
Salah satu penyakit nomor satu yang banyak menewaskan balita adalah diare, nah diare ini adalah salah satu penyakit yang ditimbulkan akibat malas cuci tangan.

  1. Lebih bersih
Dengan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir pastinya lebih bersih jika dibandingkan dengan menggunakan hand sanitizer atau dengan tisu basah saja karena sabun mengandung antiseptic yang bisa membuat tangan lebih bersih dan membunuh kuman yang ada di tangan. Sebenarnya menggunakan hand sanitizer atau tisu basah juga bersih tetapi lebih efisien jika menggunakan sabun dan dicuci dengan air mengalir.

  1. Lebih ekonomis
Sudah pasti kalau cuci tangan dengan sabun dan air mengalir akan lebih ekonomis dibandingkan dengan hand sanitizer atau tisu basah. Selain murah dan bersih, sekarang sudah banyak tempat makan, di lingkungan sekolah, atau di tempat kerja yang menyediakan wastafel lengkap dengan sabunnya.

Nah jangan ragu untuk rajin mencuci tangan karena banyak sekali manfaat untuk diri kamu sendiri dan juga untuk orang lain. Dengan rajin cuci tangan kamu akan terhindar dari penyakit yang berbahaya, tetapi bukan hanya kebersihan tangan saja namun juga harus seluruh badan dan lingkungan harus bersih agar terhindar dari kuman dan bakteri penyebab penyakit. Jangan lupa juga untuk para orang tua agar mengajarkan kebiasaan cuci tangan kepada anak sejak dini agar tidak mudah tertular penyakit.

Pentingnya Mencuci Tangan dengan Sabun Pentingnya Mencuci Tangan dengan Sabun Reviewed by Admin on 17.09 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.