Menkominfo Pastikan Tokopedia Cs Nggak Makan 'Lahan' Biro Umrah

Menteri Komunikasi serta Informatika (Kominfo) Rudiantara tekankan Traveloka serta Tokopedia tidak bisa menjadi agen travel umroh online. Berarti, ke-2 unicorn itu tidak akan 'membunuh' agen travel umroh konvensional yang terhitung dalam Pelaksana Perjalanan Beribadah Umrah (PPIU).

"Traveloka serta Tokopedia belum pernah direncanakan jadi pelaksana umroh," tegas Rudiantara di kantor Kemenkominfo.



"Ini semestinya kekhawatirannya (agen travel umrah konvensional) jadi hilang. Kan bukan PPIU, jika ia PPIU baru berarti dapat mematikan. Kelak ada istilahnya jadi duopoli atau apa. Ini kan tidak bisa menjadi PPIU," sambung Rudiantara.

Simak juga: Tokopedia Dibawa Buat Umrah Online, Kominfo: Sahamnya dari Arab

Ia menerangkan ke-2 startup raksasa itu nanti cuma meningkatkan proses usaha dari agen travel umrah ke dalam digital. Diantaranya memudahkan proses perizinan atau akses saat lakukan perjalanan ke serta di Saudi Arabia.

"Mereka mempersiapkan proses usaha serta kelak proses bisnisnya berbentuk digital. Serta ini bukanlah cuma Indonesia. Sebab yang mengendalikan umroh siapa kewenangannya? Saudi arabia. Kita tidak dapat pergi umroh jika visa tidak keluar kan? Yang urusin visa siapa? Saudi Arabia. Ini ya semua (memudahkan perizinan serta perjalanan)," jelas Rudiantara.

Diluar itu, Ke-2 start up itu akan bekerja bersama dengan Wadi Makkah Company untuk mendayakan UKM atau startup di Arab Saudi. Rudiantara memberikan tambahan gagasan Traveloka serta Tokopedia mengerjakan usaha umrah ini akan diulas dalam sembilan bulan akan datang.

Ia menggerakkan start up lain untuk ikuti jejak Traveloka serta Tokopedia terjun ke usaha umrah

"Malah ini kita punyai waktu sembilan bulan ke depan untuk saling prosedurnya seperti apa. Serta itu siapa juga bisa, saya dorong yang bukan Traveloka serta Tokopedia," katanya.

Simak juga: Saudi Cetuskan Inspirasi Umrah Online, Konvensional Kurang Nendang?

Diluar itu, Gagasannya kerja sama usaha umrah ini akan bersambung ke peningkatan aplikasi serta investasi.

"Gagasannya semoga jadinya itu dua layer. Satu layernya itu pengembang aplikasi, satu layernya yang investasi atas peningkatan ini. Nah jika yang investasi bahkan juga saya bukan sekedar bicara dengan unicorn yang lain, dengan yang non-unicorn digital, non-digital basis juga bicara. Sebab mereka ingin investasi. Tetapi nantilah itu kita bicarakan.
Menkominfo Pastikan Tokopedia Cs Nggak Makan 'Lahan' Biro Umrah Menkominfo Pastikan Tokopedia Cs Nggak Makan 'Lahan' Biro Umrah Reviewed by Admin on 06.15 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.